Jumat, 16 Oktober 2015

KHASIAT TEMULAWAK


     Temulawak sangat bermanfaat untuk 1 kesehatan organ-organ tubuh manusia.
Sudah sejak jaman dahulu nenek moyang kita selalu memanfaatkan tumbuhan temulawak ini untuk dijadikan ramuan yang biasanya disebut jamu, baik untuk menjaga kesehatan atupun untuk mengobati penyakit. Baca juga 37 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

Temulawak sekarang ini telah dikenal secara luas sebagai bahan obat herbal asli Indonesia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, baik digunakan sendirian ataupun bersama dengan tanaman obat lainnya. Bagian yang banyak dimanfaatkan darinya pada umumnya adalah umbinya atau juga sering disebut sebagai rimpang.

     Umbi inilah yang diolah menjadi obat herbal atau jamu. Cara pengolahan umbinya bisa berbeda-beda, antara satu dan lainnya, tergantung kebuthan. Bisa diambil patinya saja, seperti yang digunakan untuk membuat lotion kecantikan. Bisa juga dipotong-potong kecil, seperti ysng digunakan untuk membuat jamu godogan. Bisa juga diparut atau digiling halus, yang dipergunakan untuk membuat sirup trmulawak. Bisa juga yang lainnya.


     Berikut ini beberapa manfaat penting dari tanaman temulawak yang perlu anda ketahui:

1. Untuk menjaga organ hati. Orang yang secara rutin mengkonsumsi temulawak, kesehatan organ hatinya akan terjaga dengan baik. Itu terjadi karena tanaman temulawak itu mengandung zat katagoga. Dimana fungsi dari zat tersebut adalah membantu organ hati untuk memproduksi cairan ampedu dan merangsang organ ampedu untuk mengosongkan dirinya dari cairan tersebut. 

2. Mengurangi kemungkina terjadinya radang pada persendian. Orang yang secara rutin mengkonsumsi temulawak, akan lebih bisa terhindar dari kemungkinan terjadinya radang pada persendiannya. Itu terjadi karena tanaman temulawak itu mengandung zat kurkumin yang pungsi utamanya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya radang pada persendian.

 3. Menurunkan lemak darah. Fraksi kurkuminoid yang dihasilkan dari tanaman temulawak itu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga akan meningkatkan kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsinya secara rutin dan menghindarkan dari terjadinya kegemukan. 

4. Mengatasi penyakit maag dan melancarkaan pencernaan. Jika seseorang lambungnya bermasalah, maka biasanya sering mengalami perut kembung dan masuk angin. Dan tentu itu akan mengganggu aktifitasnya sehari-hari dan lama-lama akan mudah terserang penyakit lainnya, karena akan mengganggu pencernaannya yang akhirnya akan menurunkan kekebalan tubuhnya. 

6. Menyehatkan jantung. Temulawak atau yang juga disebut curcuma itu juga dipercaya memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung. Itu sudah dibuktikan oleh orang yang secara rutin mengkonsumsinya. Baca juga Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan.

 7. Para ahli juga mempercayai bahwa temulawak itu bisa mengatasi dan menghambat perkembangan penyakit kanker prostat, dengan cara menghentikan suplai darah yang mendukung pertumbuhannya. 

8. Mengatasi gangguan pada organ ginjal.


Bahan:

2 rimpang temulawak
1 genggam daun kumis kucing
1 genggam daun meniran
1 ons gula batu atau secukupnya

Cara Membuat:

- Cuci bersih semua bahan, iris-iris tipis, rebus dengan air putih sebanyak 1000 ml hingga tersisa 500 ml, angkat, saring. 

- Campurkan gula batu, aduk hingga mencair, jadikan dua. Minum dua kali sehari.

     Untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum, sebaiknya setiap hari anda meminum ramuan temulawak yang berbentuk sirup, karena akan lebih praktis dan tidak akan merepotkan.  Baca juga 21 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

     Berikut ini saya sajikan resep untuk membuat sirup temulawak yang nantinya dapat dikonsumsi setiap hari. Dengan resep ini anda tidak perlu membuat ramuan setiap hari, tapi cukup sekali saja untuk, mungkin bisa dua bulanan. Dan pembuatnya pun sangat mudah. Silahkan anda simak.



Bahan:

1 kg temulawak segar
1 kg gula aren/merah
1 buah toples ukuran sedang

 Cara Membuat:

- Bersihkan temulawak dari kotoran dan akar-akarnya yang menempel, cuci bersih, tiriskan, parut. 

- Campurkan gula merah yang sudah diris halus, masukkan ke dalam toples, tutup rapat dengan kertas, dan fermentasikan selama satu minggu.

- Biasanya setelah di fermentasikan selama satu minggu dibagian atas ramuan itu akan ada buluknya (ditmbuhi jamur), biarkan saja, jangan dibuang jamurnya. 

- Setelah 1 minggu, buka kertas penutupnya, aduk rata, peras sedikit-sedikit dengan kain.

- Masukkan kedalam wadah khusus, tutup rapat, simpan dalam kulkas dibagian freezernya, untuk menghindari perubahan rasa atau basi. 

-Minumlah setiap hari sebelum makan sebanyak satu sendok makan atau kalau dirasa perlu bisa diminum sebanyak dua sendok makan perhari, pagi dan sore, masing-masing 1 sendok makan. Baca juga 26 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.
   
  Demikianlah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat temulawak yang bisa saya utarakan pada anda. Semoga bermanfaat.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: