Kamis, 15 Oktober 2015

FLU

     Flu atau Influenza adalah serangan panas dingin yang disertai batuk dan pilek.
Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus pada saluran pernafasan bagian atas. Masa tunasnya dalam 2 hari, tetapi kadang-kadang hanya ½ hari. Baca juga Pilek - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya - BiriBisi.

     Penyakit ini dapat menular dengan cepat melalui udara dari bersin, batuk, dan ludah penderit. Gejala Influenza yang ringan lazim disebut Salesma ( Cold ).
     Resep obatnya adalah:
1. Daun Semanggi 10 helai, pipis atau haluskan, beri air masak 1 cangkir dan air jeruk nipis 1 sendok makan, peras dan saring. Minum habis, 2 kali sehari, pagi dan sore.
2. Air jeruk nipis 1 sendok makan, beri sedikit kapur sirih, aduk rata. Minum habis, 2 kali sehari. Baca juga Obat flu dan pilek di Biribisi.
3. Lempuyang 1 jari
    Cabe Jawa   3 batang
    Jahe              1 jari
     Iris kecil, rebus dengan air 3 gelas hingga tersisa 1 ½ gelas, saring. Minum pagi dan sore.
     Agar cepat sembuh, penderita perlu istirahat, tidur yang cukup, dan menghindari udara dingin. Dan untuk mencegah penularan pada orang lain, maka penderita dianjurkan untuk menutup mulut dengan kain atau kertas tisu saat bersin dan batuk.
     Perlu diketahui obat khusus untuk influenza ini tidak atau belum ada. Obat seperti ASPRO, ASPIRIN, ACETOSAL, APC THERMAGON dan lain-lain sifatnya hanya untuk menghilangkan rasa sakit dan menguatkan daya tahan tubuh saja. Baca juga 26 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.
Mau tahu tentang jahe dan manfaatnya secara mendetail? Baca saja di BiriBisi!

 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: