Senin, 25 April 2016

MUNTAH DAN MABOK

Muntah adalah suatu tindakan dari tubuh untuk menguir suatu zat yang tidak diterima olehnya. Misalnya akibat dari makanan beracun atau tidak tahan terhadap obat dan lain-lain. Maka muntah yang demikian itu justru baik bagi tubuh.
Akan tetapi ada kalanya seseorang sedemikian pekanya terhadap suatu kejadian, sehingga biarpun kejadian itu ringan akan dapat menimbulkan muntah-muntah, seperti pada mabok kendaraan atau melihat sesuatu yang menjijikkan, misalnya bangkai tikus, darah, dan sebagainya. Ingin yang lebih jelas, dengan gambar-gambar tanamannya? Mampirlah ke http://www.biribisi.com.
Di biribisi.com anda bisa mendapatkan resep-resep obat dan khasiat & manfaat rempah-rempah lengkap dengan gambar-gambar tanamannya. Jika anda mau masuk kedaftar isi situs biribisi, maka anda bisa klik disini, sehingga anda bisa langsung memilih artikel yang ingin anda baca.

Gejala muntah semacam ini yang biasanya tidak disertai rasa nyeri dalam perut, biasanya dapat segera sembuh sendiri. Bila coba diatasi dengan obat, mungkin muntahnya malah akan menjadi lebih hebat. Maka sebaiknya langkah yang diambil adalah menahan makan dan minum dulu sampai rasa mualnya hilang.

Tetapi muntah yang selalu berulang-ulang, misalnya dalam sehari dua hari masih terus mau muntah, maka itu merupakan gejala suatu penyakit dan harus segeralah diobati. Berikut ini resep obat muntah / mutah / utah atau obat penyakit muntah / mutah / utah yang bisa digunakan:

1.  Daun urat                             10 gram
     Ketumbar ditumbuk           10 gram
     Kencur diparut                    15 gram
     Daun kemangi                     10 gram
     Temu kunci                          10 gram
     Kayu manis                          20 gram
     Semua dimasak dengan air sebanyak 3 gelas, dimaniskan dengan madu, diberi ½ sendok teh minyak kayu putih. Minum ½ gelas 3 kali sehari dan 1 jam sebelum makan.

2.  Resep lain yang lebih sederhana:
     Ketumbar                                1 gram
     Bawang                                   5 gram
     Temulawak                           15 gram
     Jahe dioarut                         10 gram
     Semua direbus sebentar dengan air 2 gelas, untuk sehari. 2 kali minum, pagi dan sore, satu jam sebelum makan.

Penting:
Mandilah pagi dan sore dengan air hangat dan gosok-gosoklah terutama dibagian perut besar dan sekitar perut kecil. Kalau kemudian penyakit yang menyebabkan muntah-muntahnya sudah diketahui, hendaklah diobati sebagaimana mestinya.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: