Sabtu, 17 Oktober 2015

KHASIAT KUNYIT

     Kunyit sebagai salah satu rempah-rempah khas Indonesia banyak sekali khasiat dan manfaatnya, dari mulai bumbu dapur,
pewarna alami makanan, kesehatan, sampai kecantikan wanita.
Lihat juga 42 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.
    
     Dewasa ini, banyak sekali produk-produk kesehatan dan kecantikan yang memanfaatkan kunyit sebagai bahan dasarnya. Dulu kita sangat kesulitan mencari produk-produk kesehatan maupun kecantikan yang berbahan herbal.
    
     Namun seiring dengan kesadaran orang untuk kembali kepada alam, maka pemanfaatan tanaman herbal yang memang mempunyai keunggulan ini sangat marak dan beragam, sehingga produk-produk kesehatan dan kecantikan yang berbahan dasar herbal ini banyak dijajakan diwarung-warung dan toko-toko, baik offline maupun online.
    
     Itu sebetulnya sangat memudahkan dan memanjakan orang-orang yang sangat mendambakan produk-produk alami. Tapi ternyata tidak semua orang bisa mendapatkannya, karena produk-produk tersebut tentu dibanderol dengan harga yang menurut sebagian orang tidak murah.
    
     Itu wajar-wajar saja, karena mereka, para produsen obat-obatan herbal itu telah mengeluarkan uang banyak untuk mengolahnya sebagai produk instan, kalau dijual dibawah biaya produksi, maka mereka akan menderita kerugian.
    
     Tapi anda tidak perlu berkecil hati, karena untuk mendapatkan khasiat dan manfaat kunyit bisa anda peroleh dengan harga yang sangat murah dan bahkan tidak memerlukan biaya lagi. Yaitu dengan mengolahnya sendiri.
    
     Zat-zat yang terkandung dalam kunyit, seperti vitamin C, karbohidrat, protein serta sebagian mineral, seperti fosfor, zat besi, kalsium, dan lain-lain itu sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dengan dengan mengkonsumsinya, maka tubuh akan menjadi sehat.
    
     Kita sering dengar orang tua memberi nasihat kepada anak-anaknya " sehatsehalah kamu nak! " Itu maksudnya agar anak-anaknya mau menjaga kesehatannya, sebab sesungguhnya sehat itu merupakan salah satu nikmat terbesar yang telah diberikan oleh Alloh SWT kepada kita.
    
     Orang-orang dulu telah banyak memberikan contoh nyata pada kita bagaimana caranya menjaga kesehatan tubuh dengan cukup mengkonsumsi ramuan rempah-rempahan saja yang biasa disebut jamu, dan diantara rempah-rempah yang sering digunakannya adalah kunyit, baik sendirian ataupun dicampur dengan bahan-bahan lainnya.
    
     Contoh nyata itu berupa kesehatan yang prima. Walau mereka sudah tua, tapi tenaganya tetap oke, walau mereka tidak pernah main bulutangkis, tapi masih kuat naik ke puncak bukit. Itu sangat berbeda dengan orang-orang dizaman modern sekarang ini, walau tubuhnya terlihat begitu kekar, tapi jalan satu kilo meter saja sudah ngos-ngosan. Ayo tebak itu siapa? Hehehe!
    
     Berikut ini satu resep jamu ' Kunir Asem' yang bisa anda pergunakan untuk panduan membuat ramuan jamu sendiri dirumah.
     Bahan:
                  
                   250 gram kunyit
                   250 gram asem kawak ( asam jawa )
                   1/8  kg      gula jawa ( gula merah )
                   1     liter   air
                   1/2 sdt     garam
    
     Cara membuat:
1. Cuci bersih kunyit, tiriskan, parut, campur air, peras.
2. Rebus air persan kunyit, campurkan asam jawa, gula jawa, dan sedikit garam, didihkan, angkat. Minum per hari 1 gelas.
     Bagi anda yang menghindari rasa asam, silahkan membuat sirup kunyit.
     Bahan:
                   1 kg kunyit
                   1 kg gula aren / gula merah
                   1 buah toples
     Cara membuat:
Silahkan baca ( KHASIAT DAN MANFAAT TEMULAWAK ) yang telah lebih dulu saya poskan.
     Jamu kunyit yang dikonsumsi dengan tertur bisa memperlancar haid, mengurangi nyeri haid, menghilangkan bau badan, menyembuhkan luka dilambung, mencegah diare, menurunkan demam, menyembuhkan keputihan, melangsingkan tubuh, menyembuhkan radang amandel, menyembuhkan panas dalam, dan menangani masalah mulut, seperti sariawan dan sakit gusi.
    
     Kandungan vitamin C dalam kunyit juga berguna untuk mencerahkan kulit secara alami. Disamping itu, kunyit dapat juga memperlancar aliran darah hingga metabolisme pada tubuh menjadi lancar. Dan jika metabolisme tubuh lancar, maka sel-sel tua akan digantikan dengan sel-sel baru, sehingga kulit kita akan tampak lebih muda dan cerah dari sebelumnya.
    
     Metabolisme tubuh yang lancar juga membantu pembakaran kalori dengan lebih cepat, sehingga kelebihan berat badan yang dialami seseorang akan segera turun ke arah bobot yang ideal. Saya kira kita semua mengharapkan bobot tubuh yang ideal. Benar begitu kan? Hehehe!
     Kunyit juga bisa digunakan untuk antiseptic dan anti bakteri yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, gatal-gatal, jerawat, dan menghilangkan bekasnya. Kandungan antioksidannya dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, kunyit juga ampuh untuk mengatasi kulit kasar pada wajah, tumit dan siku.
     Berikut ini cara membuat lotion kunyit yang sangat bermanfaat bagi kulit agar tetap terlihat cantik dan menarik.
     Bahan:
                
                 1. Kunyit secukupnya
                 2. Madu secukupnya
                 3. Air jeruk nipis/lemon secukupnya
                 4. Susu asli secukupnya
                 5. Minyak zaitun/santan secukupnya
                 6. Tepung beras/mentega secukupnya
     Cara membubuat:
1. Haluskan kunyit.
2. Campurkan semua bahan, aduk hingga menjadi lotion.
     Cara pemakaian:
     
     Oleskan lotion pada daerah yang bermasalah secara teratur, tentu setelah kulit atau wajah dibersihkan terlebih dahulu. Manfaat dan khasiat dari lotion kunyit ini akan lebih cepat dirasakan jika pemakaiannya dilakukan pada malam hari menjelang tidur, karena pada saat tidur dimalam hari daya serap kulit terhadap lotion kunyit ini akan lebih tinggi. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Ini bertujuan agar pori-pori kulit terbuka dan seluruh kotoran yang ada didalamnya hilang terbuang. Lihat juga 52 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.
    
     Demikianlah ulasan mengenai khasiat dan manfaat dari tanaman kunyit yang bisa saya sampaikan kepada anda.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: