Rabu, 21 Oktober 2015

MASUK ANGIN

Gejala masuk angin pada umumnya ditandai dengan perut terasa senap,
badan tidak enak, greges-greges, dan kadang-kadang disertai dengan rasa mual dan batuk-batuk. Simak juga Masuk Angin - Sebab, Gejala, Dan Pengobatannya.

Yang sering menderita masuk angin ini kebanyakan orang-orang ( juga anak-anak ) yang perutnya lemah, karena kurang gerak badan atau tidak melatih menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan, juga perut yang tidak dapat dengan mudah mengecil dan membesar, ini dapat dengan mudah kemasukan udara, karena aliran darah ke perut berkurang.

Beberapa resep berikut ini dapat menjadi pilihan:

1. Cobalah lakukan kerokan, kalau anda menyukainya.

2. Atau gosokkan minyak kayu putih atau parutan jahe pada seluruh perut, sambil diurut-urut untuk melancarkan aliran darah dan mengeluarkan anginnya.


3. Minumlah 1 gelas air rebusan temulawak yang diberi asam, boleh ditambahkan gula kelapa,  3 kali sehari.

4. Temu kunci 15 gram, Adas 1 sendok teh, Pulasari 2 jari.
Semuanya dihaluskan, campur jadi satu, lalu gosokkan ramuan ini pada perut, dada, dan punggung. Lakukan 1-2 kali sehari.

Penting :
Latihlah diri anda sedikit demi sedikit dengan keadaan udara dilingkungan anda, juga lakukanlah gerak badan setiap hari. Niscaya perut anda akan menjadi terbiasa atau kebal terhadap angin.

Para pelaut, nelayan, petani, buruh tambang, orang-orang gunung, dan lain-lain jarang sekali terserang masuk angin, meskipun selalu buka baju atau tidak berselimut dimalam hari yang dingin, karena banyak gerak dan bisa menyesuaikan diri dengan udara dilingkungannya.

Demikianla informasi mengenai masuk angin dan resep-resep obatnya yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Amin!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: