IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Kamis, 05 November 2015

SAKIT MATA

     Trachoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh suatu virus, sifatnya chronis dan kalau kasep (telat tidak diobati) dapat menyebabkan kebutaan.

Tanda-tandanya :
Mata terasa pedih sekali, untuk melihat sangat silau dan selalu keluar air, lebih nyata lagi bila kelopak mata atas dibalik, maka akan terlihat gelembung-gelembung kecil. Inilah ciri-ciri penyakit mata Trachoma yang membedakan dari penyakit-penyakit mata yang lainnya.

   Berikut ini resep obat yang bisa anda pergunakan untuk mengobatinya :

1.  Untuk merambang ( mencuci ) mata :
     Kayu secang 2 jari dipotong-potong kecil, direbus dengan air 2 gelas hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring yang bersih dan diendapkan. Pakailah untuk merambang dengan gelas-mata.

2.  Selain kayu secang bisa juga menggunakan bratawali dengan cara pemprosesan dan pemakaian sama dengan bila menggunakan kayu secang.

3.  Untuk obat tetes mata :
     Daun sirih 6 helai dipipis, diberi air massk 1 sendok makan, diperas, disaring, diendapkan. Pemakaian : 3 tetes 3 kali sehari ( tiap-tiap hari bikin yang baru, karena tidak tahan lama untuk disimpan ).

Pantangan :
Daging babi, kepiting, udang dan segala ikan yang amis-amis. Dan mengingat pentingnya mata sebagai salah satu panca indera kita, maka sebaiknya memeriksakan penyakit ini ke dokter specialist mata.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: