Kamis, 05 November 2015

SAKIT MATA

     Trachoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh suatu virus, sifatnya chronis dan kalau kasep (telat tidak diobati) dapat menyebabkan kebutaan.

Tanda-tandanya :
Mata terasa pedih sekali, untuk melihat sangat silau dan selalu keluar air, lebih nyata lagi bila kelopak mata atas dibalik, maka akan terlihat gelembung-gelembung kecil. Inilah ciri-ciri penyakit mata Trachoma yang membedakan dari penyakit-penyakit mata yang lainnya.

   Berikut ini resep obat yang bisa anda pergunakan untuk mengobatinya :

1.  Untuk merambang ( mencuci ) mata :
     Kayu secang 2 jari dipotong-potong kecil, direbus dengan air 2 gelas hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring yang bersih dan diendapkan. Pakailah untuk merambang dengan gelas-mata.

2.  Selain kayu secang bisa juga menggunakan bratawali dengan cara pemprosesan dan pemakaian sama dengan bila menggunakan kayu secang.

3.  Untuk obat tetes mata :
     Daun sirih 6 helai dipipis, diberi air massk 1 sendok makan, diperas, disaring, diendapkan. Pemakaian : 3 tetes 3 kali sehari ( tiap-tiap hari bikin yang baru, karena tidak tahan lama untuk disimpan ).

Pantangan :
Daging babi, kepiting, udang dan segala ikan yang amis-amis. Dan mengingat pentingnya mata sebagai salah satu panca indera kita, maka sebaiknya memeriksakan penyakit ini ke dokter specialist mata.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: