Jumat, 27 November 2015

SAKIT LEHER

    Penyakit leher yang disebut Diphterie atau Difteri ini hanya menyerang anak-anak. Penyebabnya adalah basil Loeffler, dapat menular melalui percikan ludah. Tanda-tandanya kemerah-merahan dan sehari kemudian tonsil-tonsil diliputi lapisan yang berwarna putih.

Gejala-gejalanya :
Penderita mengalami demam dan menggigil, tenggorokannya terasa sakit yang tak tertahankan, terutama saat menelan dan kelenjar lymphe dileher membengkak. Kalau tidak cepat diobati bisa berbahaya, karena basil-basilnya mengeluarkan semacam racun (toksin) ke dalalm aliran darah tubuh yang dapat merusak urat syaraf atau menyebabkan kelumpuhan dan kadang-kadang sampai mati lemas.

     Berikut ini resep-resep obatnya:

1.  Buatlah campuran air perasan sebagai berikut :
     Air perasan widara upas         6 bagian.
     Air perasan nanas                   3 bagian.
     Air perasan jeruk nipis            1 bagian.
     Air perasan daun jinten          4 bagian.
     Madu murni                              5 bagian.
     Semua dicampur, diaduk dengan air masak setengah dari campuran tersebut. Aturan minumnya : ditelan sedikit-sedikit, tiap 15 menit 1 sendok makan.


2.  Obat untuk kumur-kumur :
     Getah pepaya muda                2 bagian.
     Air perasan lobak                    1 bagian.
     Air perasan bawang merah   1 bagian.
     Semua dicampur dengan air hangat 4 kali banyaknya. Dipakai untuk berkumur-kumur, ulang-ulang sesukanya.

Perawatan :
Makan yang cukup, tetapi karena penderita susah sekali untuk menelan makanan disebabkan rasa sakit yang amat sangat, maka sediakanlah makanan yang halus dan encer agar dia bisa makan yang cukup untuk mempeekuat pertahanan tubuhnya, meskipun harus menelannya sediki-sedikit. Jangan sampai lemah karena kurang makan. Untuk menurunkan panas badannya, harap lihat SAKIT PANAS.

Pencegahan :
Menjauhkan anak dari sumber penularan. Semua pakaian penderita, selimut, sarung bantal, dan lain-lain bila dicuci diseduh dengan air panas. Sediakanlah tempat untuk meludah yang diberi air karbol. Baik juga bagi anak-anak sehat untuk minta disuntik vaksin yang memberi kekebalan terhadap penyakit Diphterie. Bahkan kini sudah ada vaksin yang memberi kekebalan terhadap 3 penyakit sekaligus, Tetanus, Batuk rejan, dan Diphterie.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: