Rabu, 06 Januari 2016

BADAN CAPAI DAN LEMAH

Tanaman Lidah Buaya

     Sering kali terjadi, setelah bekerja berat badan terasa pegal dan capai, terutama pada persendian dan otot. Terjadinya lelah fisik ini disebabkan oleh timbunan zat-zat sampah, antara lain asam-susu sebagai hasil dari oksidasi dalam jaringan-jaringan tubuh.

     Baru sembuh dari sakit berat juga badan masih lemah, karena berat badan telah berkurang dan nafsu makan belum pulih atau masih terbatas pada makanan-makanan tertentu saja.

     Berikut ini beberapa resep untuk mengobati badan capai dan lemah yang bisa dipergunakan:

1.  Obat untuk badan capai:
     Daun lidah buaya secukupnya, dikupas dan dirajang kecil-kecil, dicuci dengan air panas hingga getah atau lendirnya hilang. Lalu diseduh dengan air hangat sebanyak 1 mangkok, diberi gula enau. Dimakan dan diminum sebagai rujak.

2.  Obat luar atau paramnya:
     Jahe 3 jari, dikupas, diparut, dan diberi sedikit air. Dipakai untuk menggosok anggota badan, terutama pada persendian yang terasa pegal saat hendak tidur malam.

3.  Untuk yang baru sembuh dari sakit:
     Babakan pule dirumbuk               1 bagian
     Kencur diparut                               4 bagian
     Daun gandapura                           2 bagian
     Jinten hitam ditumbuk                 3 bagian
     Semuanya dimasak dengan air secukupnya hingga mendidh. Boleh diminum sesukanya sabagai pengganti wedang teh.

Penting:
Untuk menjaga kesehatan, sehabis bekerja berat harus mendapat istirahat yang cukup. Lebih-lebih bagi yang baru sembuh dari sakit berat, masih dibutuhkan banyak istirahat dan tidur yang cukup, disamping harus berusaha suka makan dan minum.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: