Rabu, 06 Januari 2016

SAKIT PINGGANG

Tanaman Lempuyang

     Pinggang terasa sengal-sengal, pegal serta linu, terutama sewaktu bangun tidur dipagi hari. Yang berat kadang-kadang sampai menyebabkan penderita tidak sanggup bangun. Penyebab sakit pinggang (Lumbago) ini antara lain banyak duduk, kurang gerak, bekerja terlalu berat, kebanyakan bersetubuh, akibat banyak minum obat tidur, sulfa atau pengaruh makanan-makanan yang terlalu asin.

      Berikut ini obat sakit pinggang yang bisa anda gunakan untuk mengobatinya:

1.  Untuk obat gosok:
     Minyak gandapura
     Minyak pepernint
     Minyak cemara (oleum pini)
     Masing-masing 1 sendok teh, dicampur menjadi satu. Untuk menggosok pinggang dengan ulo-ulo. Minyak tersebut dapat dibeli diapotik.

2.  Untuk obat yang diminum:
     Daun keji neling                  6 gram
     Daun meniran                     8 gram
     Daun kumis kucing            7 gram
     Adas dan pulasari              4 gram
     Jahe diparut                        5 gram
     Kencur diparut                    5 gram
     Lempuyang diparut           5 gram
     Semua direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tinggal separuhnya. Minum ½ gelas dua jam sebelum makan nasi, 2 kali sehari.

Penting:
Selama masih sakit, kurangilah makan garam atau bumbu yang terlalu asin dan cuka, juga makanan kalengan yang sudah terlalu lama disimpan (mungkin beracun). Jangan mengangkat barang-barang berat atau bekerja berat sebelum benar-benar sembuh. Badan hendaknya selalu dalam posisi tegak atau lurus sewaktu duduk, berdiri, tidur atau tiduran.

Perhatian:
Jika dalam 5 hari tidak sembuh, maka pertanda lampu merah bagi kesehatan anda, mungkin sakit pinggang tersebut disebabkan oleh penyakit ginjal. Karenanya, segeralah pergi ke dokter untuk memperoleh pemeriksakan yang lebih cermat.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: