IKLAN
Kontak Saya
300x250
Selamat Datang Di BiriBisi

Rabu, 06 Januari 2016

SUSAH TIDUR (INSOMNIA)

Asam Kawak

     Tidur berarti istirahat bagi tubuh dan karenanya sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Gangguan susah tidur dapat disebabkan oleh keadaan jasmani, misalnya sakit gigi, gatal-gatal, merasa lapar, dan sebagainya. Atau keadaan pikiran, misalnya gelisah, tertekan, ketakutan, dan sebagainya. Jangan coba-coba menggunakan pil tidur tanpa resep dokter, sebab akibatnya akan lebih merugikan.

     Buatlah obat yang sesuai dengan resep-resep yang ada dibawah ini agar mudah untuk tidur, sekaligus aman dan menyehatkan tubuh:

1.  Buah pala 1 butir, ditumbuk halus, diseduh dengan air panas sebanyak 1 cangkir, dimaniskan dengan gula enau. Minum 2 kali sehari.

2.  Adas ½ sendok teh, digerus halus, diseduh dengan air panas sebanyak 1 cangkir, dimaniskan dengan gula batu. Minum 2 kali sehari.

3.  Daun  kangkung    ½ genggam
     Daun kaki kuda       ⅓ genggam
     Ketumbar                  1 sendok teh
     Jinten                        1 sendok teh
     Asam trengguli        1 jari
     Gula enau                  secukupnya
     Semua direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa setengahnya, disaring. Minum 2 kali sehari 1 gelas.

Penting:
Makan sayur kangkung dan serbat juga dapat membantu tidur jadi nyenyak, begitu juga sering mandi marahari, berolah raga, mandi dengan uap air panas atau air hangat, dan mengenyahkan perasaan-perasaan yang mengganggu pikiran ketika akan tidur.

Perhatian:
Untuk kesehatan, orang dewasa harus tidur selama 7-8 jam dalam sehari semalam. Anak-anak harus tidur selama 9-10 jam dalam
sehari semalam.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: