Rabu, 06 Januari 2016

SUSAH TIDUR (INSOMNIA)

Asam Kawak

     Tidur berarti istirahat bagi tubuh dan karenanya sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Gangguan susah tidur dapat disebabkan oleh keadaan jasmani, misalnya sakit gigi, gatal-gatal, merasa lapar, dan sebagainya. Atau keadaan pikiran, misalnya gelisah, tertekan, ketakutan, dan sebagainya. Jangan coba-coba menggunakan pil tidur tanpa resep dokter, sebab akibatnya akan lebih merugikan.

     Buatlah obat yang sesuai dengan resep-resep yang ada dibawah ini agar mudah untuk tidur, sekaligus aman dan menyehatkan tubuh:

1.  Buah pala 1 butir, ditumbuk halus, diseduh dengan air panas sebanyak 1 cangkir, dimaniskan dengan gula enau. Minum 2 kali sehari.

2.  Adas ½ sendok teh, digerus halus, diseduh dengan air panas sebanyak 1 cangkir, dimaniskan dengan gula batu. Minum 2 kali sehari.

3.  Daun  kangkung    ½ genggam
     Daun kaki kuda       ⅓ genggam
     Ketumbar                  1 sendok teh
     Jinten                        1 sendok teh
     Asam trengguli        1 jari
     Gula enau                  secukupnya
     Semua direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa setengahnya, disaring. Minum 2 kali sehari 1 gelas.

Penting:
Makan sayur kangkung dan serbat juga dapat membantu tidur jadi nyenyak, begitu juga sering mandi marahari, berolah raga, mandi dengan uap air panas atau air hangat, dan mengenyahkan perasaan-perasaan yang mengganggu pikiran ketika akan tidur.

Perhatian:
Untuk kesehatan, orang dewasa harus tidur selama 7-8 jam dalam sehari semalam. Anak-anak harus tidur selama 9-10 jam dalam
sehari semalam.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: