Jumat, 30 Oktober 2015

KEROKAN

     Kerokan (Medical chafing) atau disebut juga kerikan ialah menggosok-gosok punggung dan dada dengan uang logam yang dibasahi dengan minyak kelapa. Secara praktek kita sudah mengenalnya, karena itu sering dilakukan dilingkungan kita. Akan tetapi mungkin tidak semua dari kita tahu khasiat dan manfaatnya bagi tubuh.

     Saat kita sedang menderita masuk angin, badan tidak enak, meriang, dan sebagainya yang sebenarnya disebabkan oleh terjadinya infeksi pada pernafasan, maka pembuluh darah setempat membengkak serta aliran darah dan penyaluran lendir bertambah banyak, sehingga menyelimuti jaringan-jaringan disekitarnya dan paru-paru. Akibatnya fungsi pernafasan terganggu dan tubuh kekurangan zat asam, tetapi sebaliknya kelebihan zat asam arang.

     Kerokan itu akan menipiskan kulit dan mendekatkan pembuluh-pembuluh darah kecil dengan udara dipermukaan tubuh. Jadi dengannya kekurangan zat asam bisa dipenuhi dari udara yang memang mengandung zat asam dan sekaligus membuang kelebihan zat asam arang.

     Kerokan itu memiliki manfaat dapat membuat tubuh bernafas melalui tempat-tempat yang dikerok, yaitu yang terlihat berwarna kemerah-merahan itu. Dan pengobatan dengan cara ini dapat meringankan beberapa penyakit tertentu.

     Hanya saja kerokan ini biasanya akan membuat ketagihan. Karenanya bagi anda yang belum pernah dikerok, sebaiknya tidak usah mencobanya.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: