Jumat, 30 Oktober 2015

TYPHUS

     Penyakit perut yang mengenai usus ini ( typhus abdominalis ) disebabkan oleh basil-basil typhus yang biasanya berlangsung 3-4 minggu. Dalam minggu ke 1 dimulai panas badan naik dan berberak-berak encer, tetapi kadang-kadang sebaliknya sukar berak.

     Lalu meningkat dalam minggu ke 2 dan ke 3, badan menjadi lemah lunglai dan kesadarannya berkurang. Pada saat inilah sering terjadi lubang-lubang pada dinding usus yang dapat menyebabkan kematian. Kecuali kalau segera diobati sejak permulaan, ancaman ini dapat dihindarkan.

     Penderita typhus harus tinggal berbaring ditempat, tidak boleh banyak bergerak dan jangan makan apa-apa dulu, kecuali hanya yang cair, karena ususnya belum kuat. Segeralah dibuatkan obatnya. 

Berikut ini resep-resep obat typhus / typus / Tyfus / typhes / types / tyfes / tiphus / tipus / tifus / tiphes / tipes / tifes atau sakit typhus /typus / tyfus / typhes / types / tyfes / tiphus / tipus / tifus / tiphes / tipes / tifes atau obat penyakit typhus /typus / tyfus / typhes / types / tyfes / tiphus / tipus / tifus / tiphes / tipes / tifes yang bisa anda pilih dan pergunakan:

1. Labu putih diparut              30 gram.
    Daun pegagan ditumbuk   10 gram.
   Daun jinten dipipis              15 gram.
     Semua dimasak dengan air 1 ½ gelas hingga seperti masakan tim. Minum 1 gelas sehari 2 kali.

2. Widara upas boleh yang banyak, diparut, diperas dengan sedikit air panas, saring. Diminumkan sedikit-sedikit, setiap  jam 1 sendok makan, boleh dimaniskan dengan madu.

3. Untuk tapalnya (obat luar):
    Timun diparut atau daun sosor bebek atau kencur diparut. Dioser-oserkan serta dipupukkan dibagian perut.

Diet:
Makan terdiri yang cair-cair : air susu, perasan buah-buahan, telur dan bubur tepung beras yang encer, lauk pauk yang dihaluskan. Tiap hari memerlukan susu segar sebanyak 2 liter.

Perawatan:
Tiap pagi dan sore, sambil berbaring seluruh badannya dilap dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat sebagai mandinya supaya dapat keluar keringat.

Pencegahan:
Makanan/minuman dimasak lebih dulu, jangan kena lalat. Jangan mandi atau berkumur dengan air sungai. Menjauhi sumber penularan dan menjaga kebersihan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: