Sabtu, 17 Oktober 2015

KHASIAT JAHE

     JAHE atau dalam bahasa latin disebut Zingiber Officinale adalah merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer untuk digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat.

     Umbinya bercabang dan beruas-ruas dengan mata tunas pada tiap ruas yang tidak ditumbuhi cabang. Rasa pedas yang ada pada jahe disebabkan karena senyawa keton yang disebut zingeron. Baca juga 26 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Jika anda ingin resep-resep obat atau manfaat tanaman obat yang disertai dengan gambar-gambar tanamannya, maka mampirlah ke BiriBisi, klik saja link ini.
     Khasiat dan manfaat jahe yang bisa langsung dirasakan sesaat setelah mengkonsumsinya adalah khasiatnya yang dapat menghangatkan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat tersebut biasanya orang-orang mengolahnya menjadi minuman yang nikmat.
     Wedang bajigur misalnya, yaitu wedang atau minuman yang berbahan dasar santan, jahe, dan gula merah ini banyak disukai orang apalagi saat cuaca dingin atau musim penghujan, karena disamping rasanya yang nikmat juga karena bisa menghangatkan tubuh.
     Khasiat dan manfaat dari tanaman jahe ini sangat banyak, diantaranya adalah dapat melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe itu bersifat anti koagulan, karenanya ia akan mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama dari penyakit STROKE DAN JANTUNG.
     Diantara khasiat dan manfaat dari tanaman jahe yang lain adalah untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus yang menyebabkan perut kembung dan nyeri.
     Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang merupakan salah satu faktor dari penyebab terjadinya sakit kepala. Dan itu berarti jahe bisa mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah. Sudah diminumnya nikmat, bisa menyembuhkan migrain lagi. Hebatkan? Hehehe!
     Gingerol yang mempunyai sifat anti koagulan atau mencegah penggumpalan pada darah itu disamping melancarkan peredaran darah juga dapat mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe itu juga dapat menekan timbulnya efek samping seperti apabila kita mengkosumsi obat-obatan kimia.
     Hello girl! Ingin punya tubuh selalu langsing bak pergawati? Setiap wanita mendambakan punya tubuh yang selalu tampak cantik dan menarik, tidak terkecuali. Hanya saja itu tidak mudah untuk digapai, sebab pada umumnya untuk menggapainya itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ada biaya penyedotan lemak, ada biaya perawatan kulit, dsbg. Tapi anda tidak usah berkecil hati, sebab ada solusi yang mudah dan murah untuk menggapainya. Simak saja terus ulasan saya ini. Hehehe!
     Diantara khasiat dan manfaat tanaman jahe yang sangat mengagumkan adalah dapat mencegah terjadinya perut buncit. Ini terjadi karena jahe itu bisa melancarkan metebolisme dan pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme dan percernaan, maka berarti akan terjadi percepatan dalam pembakaran kalori dan itu berakibat pada pengempisan perut. Wow, ternyata khasiat dan manfaat jahe itu amat mengagumkan! Hehehe!
     Jahe juga punya khasiat dan manfaat untuk dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah akan lebih lancar, lebih cepat, dan tekanannya menjadi berkurang. Dan itu akan membuat kerja jantung dalam memompa darah lebih ringan.
     Jahe, disamping punya khasiat dan manfaat dapat memperlancar aliran darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh, juga dirinya hanya mengandung sedikit kalori, sehingga ia tidak akan berkontribusi pada penaikan berat badan. Tapi justru akan membuat berat badan menjadi ideal.
     Mengkonsumsi wedang jahe setiap hari juga dapat mengobati sakit gigi dan nyeri pada gusi. Hal itu terjadi karena jahe itu punya sifat antijamur dan antibakteri. Kalau anda merasa direpotkan untuk membuat wedang jahe seriap hari, maka saya sarankan untuk membuat sirup jahe saja. Caranya klik( disini ), anda hanya perlu mengganti bahan rempahnya saja dengan jahe. Lain-lainnya sih sama saja.
     Hello girl! Anda sering mengalami menstruasi tidak teratur atau merasa kram saat datang bulan? Gak usah risau dan gak usah khawarir. Setia sajalah pada jahe! Maka masalah anda akan segera teratasi. Sebab salah satu khasiat dan manfaat jahe itu menjaga keteraturan siklus haid bagi wanita. Hehehe! Baca juga 37 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.
     Di negeri China misalnya, jahe yang telah dicampur dengan gula merah dan kemudian dimasukkan dalam minuman teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi rasa kram pada saat datang bulan. Wow! Ternyata bukan orang Indonesia saja kan, yang demen sama khasiat dan manfaat jahe ini.
     Hello guy! Mau punya tubuh perkasa dengan perut sixpack? Simak nih ulasan ane berikut ini. Perlu diketahui bahwa kandungan senyawa yang terdapat pada jahe itu ada yang bersifat anti inflamasi (anti peradangan). Hal itu tentu secara efektif akan sangat membantu dalam membangun penguatan otot yang ada pada bagian tubuh tertentu, seperti otot yang ada pada lengan dan perut.
     Berdasarkan sebuah penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin, maka itu akan dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan oleh latihan fisik secara berlebihan. Seperti latihan yang dilakukan oleh para binaragawan dalam membentuk otot-otot pada bagian tertentu ditubuh mereka.
     Pada sebuah penelitian lain yang sebelumnya sudah dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya dapat mengakibatkan efek samping, seperti mules, iritasi, dan diare.
     Bagi anda yang sering mabuk dalam perjalanan, sebaiknya sebelum melakukan perjalanannya mengkonsumsi minuman jahe terlebih dulu. Sebab rempah yang satu ini diyakini mempunyai khasiat dan manfaat untuk mengurangi rasa mual dan menyembuhkan jet lag.
     Jahe, jika dicampur dengan ekstrak biji anggur mempunyai khasiat dan manfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang seringkali dapat terjadi selama musim alergi. Karena memang campuran itu mempunyai sifat anti alergi.
     Morning sickness atau rasa mual, perut kembung, dan rasa ingin muntah pada pagi hari itu dapat diatasi dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin. Termasuk juga rasa mual yang dialami wanita yang sedang hamil.
     Khasiat dan manfaat yang lain dari jahe adalah dapat menangkal radikal bebas. Karena dalam diri jahe terkandungan zat antioksidan yang mampu untuk mengatasi efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.
     Disebutkan diatas bahwa jahe memiliki kandungan senyawa yang disebut gingerol. Senyawa gingerol inilah yang bertanggung jawab atas aroma jahe yang menyengat disamping itu juga berkhasiat anti inflamasi. Jadi pada saat anda mencari obat anti peradangan, maka pastikanlah bahwa obatnya memiliki kandungan anti inflamasi.
     Telah diyakini bahwa ekstrak jahe sangat membantu penderita arthritis dan osteoarthritis dengan tanpa efek samping. Karena salah satu dari khasiat dan manfaat jahe itu dapat menghambat COX. COX adalah salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab terhadap timbulnya peradangan. Resep obat penghambat COX yang beredar saat ini pada umumnya memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh. Tidak demikian dengan jahe, kendati sama-sama bisa menghambatnya. Itulah salah satu kelebihan jahe dibanding resep obat tersebut.
     Khasiat dan manfaat tanaman jahe yang lainnya adalah mampu membuang kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh. Seseorang yang secara teratur dan rutin mengkonsumsi jahe tubuhnya akan menjadi bersih dari kororan-kotora tersebut, karena kotoran-kotorannya selalu dibuang melalui keringatnya.
     Salah satu khasiat dan manfaat dari tanaman jahe yang mengagumkan adalah Kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk membantu meredam  perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Pada sejumlah studi juga terungkap bahwa salah satu khasiat dan manfaat ekstrak jahe itu ia bisa memerangi beragam jenis kanker, seperti kanker ovarium dan kanker usus.
     Pada sejumlah studi juga terungkap bahwa dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin secara efektif dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan organ hati. Jahe emang benar-benar mak nyos kan? Hehehe!
     Diantara khasiat dan manfaat dari tanaman jahe yang lain adalah ia dapat digunakan untuk mengobati luka gigitan ular beracun. Tapi perlu diingat bahwa pengobatan ini bersifat pertolongan pertama saja, artinya untuk selanjutnya penderita sangat dianjurkan untuk dibawa kerumah sakit. Berikut ini resepnya.
     Bahan:
     1.Jahe secukupnya
     2. Sedikit garam
     Cara pembuatannya:
* Cuci bersih jahe, tiriskan, tumbuk halus
* Beri sedikit garam. Tempelkan pada lukanya.
     Dalam sebuah uji klinis disimpulkan bahwa jahe ternyata bisa menghilangkan rasa sakit, seperti sakit kepala dan sakit punggung. Penggunaannya bisa dengan cara diminum 3 kali sehari sebagai wedang , dikulum dengan dijadikan permen, atau dicampurkan pada masakan, seperti soto, semur, atau pun rendang. Dan ternyata jahe juga bisa meningkatkan pergerakan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid arthritis. Baca juga 28 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.
     Demikianlah ulasan mengenai khasiat dan manfaat dari tanaman jahe yang bisa saya persembahkan pada anda.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: