Minggu, 08 November 2015

MENCABUT GIGI

     Acap kali karena membiarkan gigi tinggal berlubang, akhirnya menjadi busuk dan keropos.
Gigi yang sudah demikian tidak mungkin dapat diperbaiki, ditambal, atau disembuhkan.

     Bahkan sebaliknya menjadi sumber penyakit, karena menjadi sarang kuman-kuman. Oleh karena itu sebaiknya dicabut saja, agar tidak menular dan tidak membuat bau busuk pada mulut.

     Berikut ini cara mencabut gigi yang aman:

     Ambillah sedikit kapas, lalu tetesi dengan minyak tempurung kelapa, kemudian ditempelkan atau diselipkan kedalam lubang gigi yang akan dicabut, setelah 15 menit, cabutlah giginya niscaya akan mudah dan tidak terasa sakit.

     Berikut ini cara membuat minyak tempurung:

     Ambillah tempurung kelapa yang belum terlalu kering, bersihkan sabutnya, letakkan diatas cangkir. Lalu taruhlah bara api diatas tempurung tersebut, maka sebentar kemudian akan keluar buih berwarna kekuning-kuningan dari tempurung yang mulai gosong dan menetes kedalam cangkir. Cairan inilah yang disebut minyak tempurung.

     Selain menggunakan minyak tempurung, bisa juga menggunakan getah pohon jarak atau getah pohon bunga kamboja dengan cara penggunaan yang sama dengan minyak tempurung.

Memutihkan gigi:

1.  Daun kelapa yang sudah dibuang lidinya dibakar, abunya digerus atau ditumbuk halus, digunakan sebagai obat gosok ketika menyikat atau menggosok gigi, maka akan membuat gigi menjadi putih dan bersih.

2.  Kulit buah manggis kering dan jebug jambe dibakar, arangnya ditumbuk halus, kemudian digunakan untuk menggosok gigi sebagai pasta saat menyikat gigi.
Lihat juga Sakit Gigi - Gejala, Penyebab, Dan Mengobati - BiriBisi.

     Abu dan arang tersebut juga berkhasiat dapat membasmi kuman-kuman dalam mulut dan karenanya akan membantu menyehatkan gigi.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: