Minggu, 08 November 2015

CACAR

     Penyakit cacar (Variola) ini disebabkan oleh virus, akibat penularan. Gejala-gejalanya : penderita secara tiba-tiba mendapat serangan demam, kadang-kadang didahului menggigil, kepala pusing, muntah-muntah, dan pinggang serta sendi-sendi terasa pegal, beberapa hari kemudian timbullah diseluruh tubuhnya bintil-bintil merah yang dimulai dari lengan, kepala, dan tungkai. Akhirnya bintil-bintil itu bernanah dan kalau sembuh nantinya akan berbekas pada kulit.

     Cacar adalah penyakit menular yang berbahaya. Belum diketemukan obat yang dapat langsung membasmi virus tersebut. Obat-obat yang diberikan oleh dokter sifatnya hanya untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit atau untuk memperkuat daya tahan dan kesehatan tubuh. Namun harus secepatnya dilakukan pengobatan sebagai berikut:

1. Akar trengguli secukupnya direbus dengan air hingga mendidih. Setelah air ini menjadi hangat, dipakai untuk mengompres dan juga untuk membersihkan seluruh luka cacar, diulang-ulang dengan mengganti kapas.


2.  Kunir secukupnya.
     Adas / pulasari secukupnya
     Daun enceng-enceng secukupnya.
     Masing-masing sama banyaknya, dipipis halus. Dioleskan pada semua luka, dapat memperkecil bekas luka-lukanya.

3.  Makanlah banyak buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti pepaya, tomat, jeruk,  bayam dan sebagainya.

Penting :
Penularan cacar ini melalui rongga hidung, dari percikan ludah dan segala kotorannya. Maka kalau mencuci pakaian penderita supaya selalu diseduh dengan air mendidih, termasuk sarung bantal, selimut, kasur, dan lain-lainnya.

Pencegahan :
Menjauhkan diri dari sumber penularan (penderita) dan mendapatkan suntikan vaksin cacar. Dan cacarkanlah diri anda setiap 5 tahun sekali atau saat terjadi wabah cacar untuk memperoleh kekebalan dari penyakit menular ini.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: