Jumat, 30 Oktober 2015

SAKIT PANAS

Tanaman Labu Putih

     Suhu badan dapat naik akibat berbagai macam penyakit. Panas ini dikobarkan sendiri oleh tubuh yang mungkin untuk membakar (membsami) kuman-kuman penyakit yang menerobos kedalam aliran darah atau adanya bakter-bakteri didalam tubuh yang mengganggu kesehatan.

     Akan tetapi otak tidak tahan panas. Karenanya kalau panas terlalu tinggi dapat mengganggu kesadaran penderita, misalnya berbicara yang tidak-tidak, sebentar-bentar ketakutan, seperti didekati momok atau melihat dinding yang bergerak-gerak dan lain-lain.

     Oleh karena itu, usahakanlah supaya suhu badan dapat menurun:

1.  Kepala, terutama dibagian dahi dikompres dengan potongan-potongan es yang dibungkus dengan kantong kain. Kalau tidak ada es, maka dengan air dingin yang diberi air perasan jeruk nipis atau cuka. Kalau kompresnya mengering, maka segeralah ganti atau basahi lagi.

2.  Resep obat untuk diminum:
     Buah labu putih secukupnya.
     Adas secukupnya.
     Pulasari secukupnya.
    Dipipis atau dihaluskan, peras, ambil airnya. Minum satu gelas, dua kali sehari.

3.  Resep obat lainnya:
     Beberapa bunga tanjung, dijemur sampai kering, diseduh dengan air panas dalam gelas. Minum satu gelas, dua kali sehari.

Penting:
Jangan mandi dengan menyiramkan air pada sekujur
tubuh, tetapi cukup mengelap saja dengan handuk yang dibasahi dengan air, supaya pori-pori kulit bersih dan dapat mengeluarkan keringat.
Minuman yang dapat mempercepat kesembuhan : air kelapa hijau, wedang jeruk nipis atau air matang biasa. Minumlah banyak-banyak, karena itu dapat mendinginkan dan menguatkan badan.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: