Sabtu, 21 November 2015

BISUL

     Adalah pembengkakan didalam kulit yang disebabkan oleh suatu infeksi karena bakteri-bakteri Staphylococ yang masuk kedalam kulit melalui follikek-follikel rambut/bulu. Jadi penyakit bisul ini bukan disebabkan oleh darah kotor.

Gejala-gejalanya:
Bisul (Furunculus) dimulai dengan timbulnya bengkak kecil dalam kulit, kalau dipijit sakit. Dan bengkak ini akan semakin besar dalam beberapa hari saja.



1.       Obat untuk melenyapkan bisul:
Air                    1 gelas
Abu dapur     ½ gelas
Direbus, setelah mendidih diangkat dan disaring dengan kapas yang tebal. Abu ini dipopokkan pada bisulnya dan dibalut, 3 kali sehari. Bisul akan lenyap sebelum membesar. Tapi kalau bisul tetap membesar juga, maka resep-resep obat dibawah ini dapat mempercepat pematangannya, supaya lekas pecah.

2.       Daun kecubung 4 helai, dipipis halus dengan sedikit kapur sirih dan air untuk menurap atau mebaluri bisul dan kulit sekelilingnya, pagi dan sore.

3.       Daun sirih 4 helai, dipipis halus, langsung dipopokkan pada bisulnya, pagi dan sore.


4.       Getah kulit pohon kamboja, langsung dibalurkan pada bisul, pagi dan sore.

Setelah bisul pecah, pijitlah untuk membersihkan kotoran nanah dan darahnya. Pakailah kapas steril dan jaga kebersihannya.

Perhatian:
Selama pembengkakan atau bisul belum cukup matang, jangan dipijit-pijit atau mencoba dipecahkan, sebab itu akan membuat makin terasa sakit dan makin lama sembuhnya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: